Pengaruh Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Bagi Industri Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.42Kata Kunci:
Manajemen Keuangan, Omset Penjualan, Industri kreatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perilaku pengetahuan Keuangan terhadap Peningkatan Omset penjualan bagi Industri Kreatif di Kab. Bogor Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan memperoleh nilai cronbach alpha sebesar 0,923. Dapat disimpulkan bahwa nilai 0,923 ≥ 0,6. Sehingga variabel Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan dinyatakan reliabel. Sedangkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,915. Karena nilai Cronbach’s Alpha 0,915 > 0,60, Dapat disimpulkan bahwa nilai 0,915 ≥ 0,6. Sehingga variabel Omset Penjualan dinyatakan reliabel. Untuk nilai Sig.Deviation from linearity sebesar 0,242. Karena nilai Sig 0,242 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima, artinya terdapat hubungan linier antara variabel Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan dan Omset Penjualan. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov test diketahui bahwa hasil nilai signifikasi sebesar 0,613. Karena nilai signifikasi lebih besar dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa data yang diuji berdistribusi normal.
Referensi
Al Kholilah, N., & Iramani, R. (2013). Studi financial management behavior pada masyarakat surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 69–80.
Hilgert, M. A., Hogarth, J. M., & Beverly, S. G. (2003). Household financial management: The connection between knowledge and behavior. Fed. Res. Bull., 89, 309.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002). Metodologi penelitian bisnis: untuk akuntansi & manajemen.
Linting, V. A. C. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM KERAJANAN TENUN DI TORAJA. UNIVERSITAS HASANUDDIN.
Maskuroh, N. (2020). Perbandingan Sistem Ekonomi.
Perry, V. G., & Morris, M. D. (2005). Who is in control? The role of self-perception, knowledge, and income in explaining consumer financial behavior. Journal of Consumer Affair.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Eko Supriyanto Hadi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.