Pengaruh Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Bagi Industri Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis

  • Eko Supriyanto Hadi Perbanas Institute, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.42

Kata Kunci:

Manajemen Keuangan, Omset Penjualan, Industri kreatif

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  (1)  pengaruh  perilaku pengetahuan   Keuangan  terhadap  Peningkatan Omset penjualan bagi Industri Kreatif di Kab. Bogor Uji prasyarat  analisis  meliputi uji  linearitas,  uji  multikolinearitas  dan  uji  heteroskedastisitas.  Teknik  analisis data  yang  digunakan  adalah  analisis  regresi  linier  sederhana  dan  analisis  regresi  linier  berganda. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  variabel Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan  memperoleh nilai cronbach alpha sebesar 0,923. Dapat disimpulkan bahwa nilai 0,923 ≥ 0,6. Sehingga variabel Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan  dinyatakan reliabel. Sedangkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,915. Karena nilai Cronbach’s Alpha 0,915 > 0,60, Dapat disimpulkan bahwa nilai 0,915 ≥ 0,6. Sehingga variabel Omset Penjualan dinyatakan reliabel.  Untuk nilai Sig.Deviation from linearity sebesar 0,242. Karena nilai Sig 0,242 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima, artinya terdapat hubungan linier antara variabel Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan  dan Omset Penjualan. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov test diketahui bahwa hasil nilai signifikasi sebesar 0,613. Karena nilai signifikasi lebih besar dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa data yang diuji berdistribusi normal.

Referensi

Al Kholilah, N., & Iramani, R. (2013). Studi financial management behavior pada masyarakat surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 69–80.

Hilgert, M. A., Hogarth, J. M., & Beverly, S. G. (2003). Household financial management: The connection between knowledge and behavior. Fed. Res. Bull., 89, 309.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002). Metodologi penelitian bisnis: untuk akuntansi & manajemen.

Linting, V. A. C. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM KERAJANAN TENUN DI TORAJA. UNIVERSITAS HASANUDDIN.

Maskuroh, N. (2020). Perbandingan Sistem Ekonomi.

Perry, V. G., & Morris, M. D. (2005). Who is in control? The role of self-perception, knowledge, and income in explaining consumer financial behavior. Journal of Consumer Affair.

Diterbitkan

2022-07-29

Cara Mengutip

Hadi, E. S. . (2022). Pengaruh Perilaku Pengetahuan Manajemen Keuangan Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Bagi Industri Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.42