Pengaruh Konsumsi Hedonik dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Miniso di Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v1i1.28Kata Kunci:
hedonic consumption, positive emotions, impulsive buyingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi hedonic dan emosi positif terhadap pembelian impulsif konsumen MINISO di Bekasi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahaccidental sampling dengan total sampel 130 responden. Teknik analisis statistik menggunakan program SPSS 25 dengan rumus statistikregresi linear berganda (linear multiple regression), uji signifikansi simultan (Uji F), uji signifikansi parsial (Uji T) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi < α (0,010 < 0,05)dan F hitung > F tabel atau 43.412 > 3,07pada tingkat signifikansi 5% dan R Square adalah0,406 yang artinya konsumsi hedonic dan emosi positif berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen MINISO di Bekasi.
Referensi
Engel, J., et al. 2006. Consumer Behaviour. Mason: Permissions Department, Thomson Business and Economics.
Ghozali, Imam. 2012. Analisis Aplikasi Multivariate dengan Proses SPSS.
Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Loudon, D. L. and Bitta, A.J.D. 1993. Consumer Behavior. Fourth Edition. McGraw Hill.
Mullins, John W dan Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach. 8th Edition. McGraw-Hill International Edition.
Nielsen. 2007. Survei Of Consumer Behavior and Perception Toward Modern Retail and Traditional Trade
Channels. Jakarta: Departemen Perdagangan Indonesia
Nurmansyah, A. A. H. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Industri Kuliner di Kota Cimahi.
Park, Eun Joo., Eun, Young Kim and Forney, Judith Cardona. 2006. A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior : Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 10. No. 4,
Hal. 433-446.
Resty Marianty.2014.Pengaruh Keterlibatan Fashion Emosi Positif dan Kecendrungan Konsumsi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Hal. 11-18.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Shofwan, Hanan. 2010.
Pengaruh Dimensi Big Five Personality Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif. Universitas Sumatra Barat.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner, dan Analisis Data (Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen). Yogyakarta : Graha Ilmu.
Supriyantony, Edy dan Larasaty, Natasya Farach. 2020. Pengaruh Iklan Dan Identitas Merek Terhadap Kesadaran Merek Jamu Tolak Angin Sido Muncul Di Kecamatan Cibitung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.XI No.1.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Utami. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Utami, Binar. 2016. Pengaruh Nilai Belanja Hedonik Terhadap Impuls e Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Perantara (Studi Kasus Pada Pelanggan di Ambaruko Plaza Yogyakarta)
Yanthi, Devi dan Japarianto. 2011Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervaning pada Area Ladies Matahari Departement StoreTunjungan Plaza Surabaya.
Zainul, Arifin Intan. 2017. Pengaruh Hedonic Consumption dan Mediator Emosi Positif terhadap Pembelian Impulsif (Survei Pada Pembeli Produk Fashion Di Malang Town Square Kota Malang.
Zulia Khairani. 2016. Pengaruh Store Atmosphere dan Emosi Positif Konsumen Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Kasus Pada Konsumen Giant Hypermarket Pekanbaru) Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning. Jurnal Daya Saing, Vol 2, No 3, Hal. 200-204.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ekonomi dan Bisnis

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.