Review Kajian Literatur Rekrutmen Karyawan Sebelum dan Selama Pandemi

Authors

  • Desy Indah Sari Sari Universitas Pamulang, Indonesia
  • Khairul Sani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Lois Yunike Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.138

Keywords:

rekrutmen karyawan , pandemi, perubahan, , strategi rekrutmen, , sumber daya manusia, teknologi dalam rekrutmen

Abstract

Pandemi global yang disebabkan oleh COVID-19 telah mengubah lanskap rekrutmen karyawan secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan dalam proses rekrutmen karyawan sebelum dan setelah pandemi, dengan fokus pada adaptasi praktik rekrutmen dalam industry. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis komparatif antara data rekrutmen sebelum dan setelah pandemi dari Nama Perusahaan/Industri serta wawancara mendalam dengan para profesional sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan transformasi yang signifikan dalam strategi rekrutmen yang diadopsi oleh perusahaan-perusahaan dalam industri ini. Sebelum pandemi, fokus utama pada perekrutan cenderung terpusat pada pertemuan tatap muka, evaluasi keterampilan, dan interaksi langsung. Namun, setelah pandemi, terjadi pergeseran paradigma menuju penggunaan teknologi secara intensif, seperti wawancara melalui video conference, tes keterampilan daring, serta peningkatan peran data analisis dalam seleksi kandidat. Perubahan ini juga menggarisbawahi tantangan baru yang dihadapi dalam rekrutmen, termasuk penyesuaian terhadap kebutuhan kandidat yang lebih beragam, perlunya keterampilan manajemen waktu dan teknologi yang lebih baik bagi para profesional sumber daya manusia, serta pentingnya mempertahankan aspek personal dalam proses rekrutmen yang cenderung terdigitalisasi. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi sumber daya manusia dalam memahami dinamika perubahan dalam proses rekrutmen karyawan di tengah perubahan global yang dipicu oleh pandemi. Implikasi praktis dari penelitian ini juga dapat digunakan sebagai landasan untuk merancang strategi rekrutmen yang lebih adaptif dan efektif di masa mendatang.

References

Ahrif, Irwan, 2021. ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19). Cikarang: president University.

Hafifah Nur Rohman, 2022. PELAKSANAAN REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DI CV PRATAMA SHELLINDO JAKARTA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jakarta: Universitas Bina Sarana Infomatika.

Hasibuan, Malayu S. P. 2007.Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Ilma Irvanty Firdausi. 2021. IMPLEMENTASI PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN PADA BANK MUAMALAT KC KEDIRI DI MASA PANDEMI. Skripsi: UIN Malik Ibrahim Malang.

Manopo, dkk. 2023. PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT BANK RAKYAT INDONESIA KANCA TONDANO. Jurnal EMBA Vol. 11 No. 2 Mei 2023, Hal. 169-180. ISSN: 2303-1174.

Purwanti, dkk. 2023. REVIEW LITERATUR REKRUTMEN KARYAWAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI. Jurnal Ekonomi Trisakti. Vol. 3 No. 2 Oktober 2023 : hal : 2337-2348. http://dx.doi.org/10.25105/jet.v3i2.1 6909. e-ISSN 2339-0840

Rivai dan Ella Jauvani Sagala. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Grafindo Pustaka, Jakarta.

Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN, Yogyakarta.

Verania. 2022. REKRUTMEN KPPS DI MASA PANDEMI COVID-19: IDENTIFIKASI MASALAH DAN SOLUSINYA (STUDI PADA PILKADA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2020). Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Published

2024-01-11

How to Cite

Sari, D. I., Sani, K. ., & Yunike, L. . (2024). Review Kajian Literatur Rekrutmen Karyawan Sebelum dan Selama Pandemi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 114–122. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.138