Metode Edukasi Menabung Bagi Siswa SDN Kenanga Tanjung Kec Cipunagara Melalui Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Wadah Menabung

Penulis

  • Alya Nuramelia Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, Indonesia
  • Saepulloh Saepulloh Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, Subang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.318

Kata Kunci:

Metode, Menabung, Kreativitas

Abstrak

Pentingnya pengenalan tentang uang dan konsep menabung melalui kegiatan Edukasi Pentingnya    Menabung    Sejak    Dini    bertujuan    untuk    menjelaskandan   memberikan pemahaman tentang pencapaian cita-cita, memberikan pengetahuan kepada peserta  tentang pengenalan uang. Tingkat kesadaran, pemahaman dan pemikiran anak terhadap pentingnya untuk hidup hemat dan   menabung sebaiknya  diketahui  mulai  sejak  dini.  Hal ini bertujuan  untuk mempersiapkan  diri  dan  pemahaman  pada  anak untuk  lebih disiplin  dalam mengatur dan mengelola keuangan dan bijak dalam menggunakan jumlah tabungannya di kemudian hari dengan berbagai kebutuhan. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam mengarahkan perilaku anak menjadi anak yang mempunyai karakter. Membiasakan menabung merupakan karakter yang perlu diterapkan bagi anak sejak dini. Penanaman budaya manabung yang dilakukan orang tua terhadap anak sedini mungkin sangat berpengaruh terhadap        pemahaman dan pengatahuan tentang mengelolah keuangan serta perencanaan keuangan di masa akan datang. Sifat anak yang masih konkret dan masih dalam tahap perkembangan sangat efektif untuk menanamkan budaya menabung. Keluarga yang merupakan komunitas pertama merupakan tempat yang baik dalam memberikan teladan dan contoh yang baik bagi anak anak. Metode pengabdian menggunakan ceramah dengan bantuan Power Point dan diskusi dengan peserta. Peserta kegiatan merupakan siswa-siswi SDN Kenanga Tanjung Kec Cipunagara. Pelaksanaan kegiatan dibiayai sendiri oleh pelaksana. Kegiatan pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan pelaksana. Kedepannya kegiatan pengabdian selanjutnya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan baik di tempat yang sama maupun ditempat lainnya.

Referensi

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166.

Büyüközkan, G., & Göçer, F. (2018). Digital Supply Chain: Literature review and a proposed framework for future research. Computers in Industry, 97, 157–177.

Engberg, J., & Maier, C. D. (2022). Multimodal Generic Trends of Harvard Business Review Knowledge Communication in and beyond Social Media Context: Exploiting Affordances, Neglecting Opportunities. Publications, 10(1), 4.

Fachrurazi, F., Rukmana, A. Y., Supriyanto, S., Syamsulbahri, S., & Iskandar, I. (2023). Revolusi bisnis di era digital: Strategi dan dampak transformasi proses teknologi terhadap keunggulan kompetitif dan pertumbuhan organisasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 297–305.

Jambak, A. M., Lase, D., Telaumbanua, E., & Hulu, P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi resistensi pegawai terhadap perubahan organisasi di Kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 22–37.

Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding customer experience throughout the customer journey. Journal of Marketing, 80(6), 69–96.

Mobarok, F. F., Sihab, H. H., Nurfadillah, T. N., Azizah, N. A. N., & Srimurni, R. R. (2024). Sinergi Digitalisasi dan Kesadaran K3 sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM di Desa Lebakwangi. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 531–538.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147–153.

Peltier, T. R. (2016). Information Security Policies, Procedures, and Standards: guidelines for effective information security management. CRC press.

Putra, T. W. A., Solechan, A., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1).

Richards, S. (2023). McKinsey & Company: People and Organizational Performance Strategic Analysis.

Sundararajan, D. (2016). Discrete wavelet transform: a signal processing approach. John Wiley & Sons.

Usman, H Miri; Denok, Sunarsi; Mukhsin, Mukhsin; Mutdi, Ismuni; Haryadi, R. N. (2024). Organisasi Pembelajaran (1st ed.). Penerbit Litrus.

Vial, G. (2021). Understanding digital transformation: A review and a research agenda. Managing Digital Transformation, 13–66.

Voigt, P., & dem Bussche, A. (2017). The eu general data protection regulation (gdpr). A Practical Guide, 1st Ed., Cham: Springer International Publishing, 10(3152676), 10–5555.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Nuramelia, A., & Saepulloh, S. (2024). Metode Edukasi Menabung Bagi Siswa SDN Kenanga Tanjung Kec Cipunagara Melalui Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Wadah Menabung. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 214–220. https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.318