Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Influencer UMKM Batik Ngejreng Di Kota Surabaya

Penulis

  • Anindhyta Budiarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.307

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Media Sosial, Kepercayaan Konsumen

Abstrak

Di era digital, media sosial menjadi alat pemasaran yang efektif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), termasuk dalam industri batik. Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran berbasis media sosial yang digunakan oleh influencer untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap UMKM Batik Ngejreng di Kota Surabaya. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana influencer membangun kredibilitas, menciptakan keterlibatan audiens, serta memanfaatkan berbagai fitur media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook dalam mempromosikan produk batik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pemasaran melalui media sosial dipengaruhi oleh autentisitas influencer, konsistensi dalam penyampaian konten, serta interaksi yang aktif dengan audiens. Selain itu, testimoni pelanggan, ulasan positif, serta strategi storytelling menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, UMKM Batik Ngejreng di Surabaya dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku UMKM lain dalam mengoptimalkan peran media sosial sebagai sarana pemasaran yang terpercaya dan berkelanjutan.

Referensi

Aziz, T., Noorman, R., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2).

Buanantari, A., & Arinta, Y. N. (2024). Eksplorasi Label Halal, Electronic Word of Mouth, dan Influencer Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Brand sebagai Variabel Intervening. Journal of Halal Industry Studies, 3(1), 45–60.

Clarke, V., & Braun, V. (2017). Thematic analysis. The Journal of Positive Psychology, 12(3), 297–298.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828.

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1–7.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841.

Haoe, S., Ganiwidjaja, J. T., & Andreani, F. (2023). Peran Marketing Food Influencer Tiktok Terhadap Follower Engagement Dan Purchase Intention Para Pengikut Febryan Dio Ramadhan. Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(1), 24–34.

Khayuni, T. R. N., Sriwenda, D., Warrdani, S. W., & Agustiyowati, T. H. R. (2024). Edukasi Pernikahan Dini melalui Instagram dan TikTok terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 8(3), 420–431.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.

Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer marketing: How message value and credibility affect consumer trust of branded content on social media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73.

Miles, H., & Huberman, A. M. (2018). Saldana.(2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Budiarti, A. (2025). Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Influencer UMKM Batik Ngejreng Di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 161–168. https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.307