Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak Paud Rahayu Di Kabupaten Bogor

Penulis

  • Jasmani Jasmani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Syakirah Najmah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.306

Kata Kunci:

Promosi, Fasilitas, Keputusan Orang Tua

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan fasilitas terhadap keputusan orang tua memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak PAUD Rahayu di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua sebesar 44,0%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,733 > 1,997). Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua sebesar 62,9%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,253 > 1,997). Promosi dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua dengan persamaan regresi Y = 7,895 + 0,409X1 + 0,411X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 62,9%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (55,869 > 2,740).

Referensi

Algifari (2017). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2018) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Kabupaten Bogor: Rineka Cipta.

Fandy Tjiptono (2017). Serivce Quality and Satisfiation. Kabupaten Bogor: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Kabupaten Bogor: Gramedia Pustaka Utama

Freed Luthans (2016). Organizational Behavior, McGraw-Hill, New York.

Griffin R.W., & Ronald, J.E. (2003) Dasar-Dasar Pemasaran. Kabupaten Bogor: Raja

Handoko (2019). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hurriyati, Ratih (2015). Bauran Pemasaran dan Keputusan orang Tua. Alfabeta, Bandung.

Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2017). Riset Sumber Daya Manusia. Kabupaten Bogor: PT. Gramedia Pustaka

Keller dan Amstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid Satu. Kabupaten Bogor: Erlangga.

Kevin Keller dan Amstrong (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Kabupaten Bogor: Erlangga.

Kharis, Ismu Fadli (2016). Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler & Keller (2020). Manajemen Pemasaran. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Kabupaten Bogor.

Kotler (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat belas, Kabupaten Bogor: PT. Indeks.

Lupiyadi, Rambat (2018). Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2, Kabupaten Bogor: Salemba Empat.

Philip Kotler (2020). Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Kabupaten Bogor: PT. Indeks.

Rao, Purba (2015). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis, The Asian.

Santoso, Singgih (2018). Menguasai Statistik Multivariat. Kabupaten Bogor: PT Elex Media Komputindo.

Sedarmayanti (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Tua Negeri Sipil, Cetakan Kelima, Bandung: PT Refika Aditama.

Siagian, S (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kabupaten Bogor: Bumi Aksara.

Sugiyono (2020). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Jasmani, J., & Najmah, S. . (2025). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak Paud Rahayu Di Kabupaten Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 150–160. https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.306