Pengaruh Kepercayaan, Fitur Layanan Dan Resiko Terhadap Minat Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi DANA (Dompet Digital Indonesia) Di Kecamatan Tambun Selatan

Penulis

  • kasidjo STIE Bisnis Internasional Indonesia Bekasi
  • Hendri Darusman STIE Bisnis Internasional Indonesia (BII) Bekasi
  • Rhevania Aprilianita Eka Putri STIE Bisnis Internasional Indonesia (BII) Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.305

Kata Kunci:

Kepercayaan, Fitur Layanan, Resiko, Minat Penggunaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan Fitur Layanan dan Resiko Terhadap Minat Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi DANA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Acidental Sampling, metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda. Secara umum hasil analisis menunjukkan bahwa Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan dengan nilai perbandingan (0,000 < 0,05) dan nilai t_hitung sebesar (8,846 > 1,966) sehingga Ha diterima, Fitur Layanan menunjuk- kan hasil yang signifikan terhadap Minat Penggunaan dengan nilai perbandi- ngan (0,000 < 0,05) dan nilai t_hitung sebesar (4,099 > 1,966) sehingga Ha diterima, dan Resiko menunjukkan hasil yang signifikan terhadap Minat Penggunaan dengan nilai perbandingan (0,000 < 0,05) dan nilai t_hitung sebesar (4,781 > 1,966) sehingga Ha diterima. Kepercayaan, Fitur Layanan dan Resiko terhadap Minat penggunaan, secara simultan memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai f_hitung (98,480 > 2,63), maka dapat disimpulkan Ha diterima. Serta dapat dilihat besarnya koefisien determinasi pada Adjusted R square (R^2) adalah sebesar 0,624. Nilai tersebut memberikan gambaran bahwa sumbangan variabel independen dalam pengaruh naik turunnya variabel dependen sebesar 62,4%.

Referensi

Abdullah, T., & Tantri, F. (2018). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (revisi). Alfabeta. Arifudin, O., Wahrudin, U., & Rusmana, F. D. (2020). Manajemen Risiko. Widina

Bhakti Persada Bandung.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka cipta. Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 23.

BP universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran (Benyamin (ed.); 12th ed.). Erlangga.

Maralis, R., & Triyono, A. (2019). Manajemen Risiko. Deepublish. Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Cv Pustaka Setia.

Putranto, A. T. (2022). Loyalitas Pelanggan (Rismawati (ed.); 1st ed.). Widina Bhakti Persada Bandung.

Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Shinta, A. (2014). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press(UB Press).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

. (2022). Metode Penelitian Manajemen (revisi). Alfabeta. Sumarwan, U. (2018). Perilaku Konsumen. Universitas Terbuka.

Jurnal:

Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Manajemen, 12 No.1(1), 32–39.

Afriyadi. (2022). Minat Penggunaan Digital Payment di Kalangan Millenial Tanjungpinang. Jurnal Akuntansi, 3(1), 4731–4738.

Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121

Bakhtiar, M. R., Kartika, E., & Listyawati, I. (2020). Faktor-faktor pengaruh minat nasabah pengguna internet banking Bank Syariah Mandiri. Al Tijarah, 6(3),

https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5696

Desvronita. (2021). FAKTO-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Jurnal

Akemika, 18(2).

Dewi, N. M. A. P., & Warmika, I. G. K. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 251442.

Fatonah, F., & Hendratmoko, C. (2020). Menguji Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Generasi Millennial Menggunakan E-Money. Jurnal Manajemen, 12(2), 209–217. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN%0AMen guji

Handayani, M., & Richo, Rianto, M. (2021). Pengaruh Financial Knowledge, Pendapatan dan Social influence terhadap Minat Menggunakan Financial Technology pada Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmial Ekonomi Islam, 7(3), 1858–1865.

Hardiana, C. D., & Kayadoe, F. R. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Starbucks Coffee Grand Wisata Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 71–88. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.44

Jayantari, I. A. A. U., & Seminari. Ni Ketut. (2018). NIAT MENGGUNAKAN MANDIRI MOBILE BANKING DI KOTA DENPASAR Fakultas

Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Kemajuan teknologi informasi dapat dilihat dari perkembangan internet di seluruh belahan dunia . Masyarakat saat ini cender. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2621–2651.

Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen,DanBisnis,4(2),200– 209.https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.7934

Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26–31. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.26-31

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127–135.

Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go- Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.

Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal, 1(1), 41–52.

Bitar. (2023). Pengertian Manajemen Pemasaran. Gurupendidikan.Co.Id. https://www.gurupendidikan.co.id/manajemen-pemasaran/

DailySocial.id. (2021). Laporan Boku: OVO Pimpin Pangsa Pasar “Mobile Wallet” di Indonesia | DailySocial.id. DailySocial.Id. https://dailysocial.id/post/laporan-boku-ovo-pimpin-pangsa-pasar-mobile- wallet-di-indonesia

Goodstats.id. (2022a). 10 Dompet Digital Paling Populer, Siapa Pemenangnya? - GoodStats. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/startup-dompet-digital- paling-banyak-diketahui-masyarakat-q1-2022-siapa-pemenangnya-4e2K5

Goodstats.id. (2022b). Ini 10 E-Wallet yang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022 - GoodStats. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/ini-10-e-wallet-yang-paling-sering-dipakai- masyarakat-indonesia-M4TA4

Goodstats.id. (2022c). Pengguna Dompet Digital di Indonesia Kian Tinggi, Mana yang Paling Banyak Digemari? - GoodStats. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/penggunaan-dompet-digital-di-indonesia-kian- tinggi-dompet-digital-apa-paling-banyak-digunakan-0C7Nx

Keuangan.kontan.co.id. (2022). BI Catat Transaksi Uang Elektronik Senilai Rp 305,4 triliun Sepanjang 2021. Keuangan.Kontan.Co.Id. https://keuangan.kontan.co.id/news/bi-catat-transaksi-uang-elektronik- senilai-rp-3054-triliun-sepanjang-2021

Lampung.co. (2023). Mengenal Aplikasi DANA: Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya. Lampung.Co. https://www.lampung.co/tekno/app/aplikasi- dana/

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-27

Cara Mengutip

kasidjo, Darusman, H. ., & Putri, R. A. E. . (2025). Pengaruh Kepercayaan, Fitur Layanan Dan Resiko Terhadap Minat Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi DANA (Dompet Digital Indonesia) Di Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 129–149. https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.305