Pengaruh Pemasaran Konten (Content Marketing) dan (Customer Engagement) Terhadap Minat Beli Menantea Pada Instagram Official Menantea di Jakarta

Penulis

  • Candra Dwi Hardiana STIE Bisnis Internasional Indonesia Bekasi
  • Dynda Tiara Kharisma STIE Bisnis Internasional Indonesia (BII) Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.303

Kata Kunci:

Pemasaran Konten, Keterlibatan Pelanggan, Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran bahwa Content Marketing sangat terkait dengan Customer Engagement untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh pemasaran konten (content marketing) dan keterlibatan pelanggan (customer engagement) secara simultan terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah Followers Instagram Official Menantea yaitu sebanyak 669.000 followers. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu, teknik probability sampling dengan metode simple random sampling, sebanyak 400 responden. Hasil uji statistik penelitian menunjukkan nilai Uji t sebesar 11,937 > 1,96594 dan sebesar 3,792 > 1,96594 dengan taraf kesalahan 5% (α = 0,05). Adapun nilai Uji F (simultan) menunjukkan hasil Fhitung > Ftabel (265,598>3,108) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000>0,05) dan nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,572 yang berarti bahwa pengaruh content marketing dan customer engagement berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

Referensi

Aditya W. et al. 2022. Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Asaf et al. 2020. Proceedings of the Fourteenth International Conference on Management Science and Engineering Management. Switzerland:Springer Nature Switzerland AG.

Astri Rumondang. B, Bonaraja Purba, dan Andriasan Sudarso. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayaysan Kita Menulis.

Bening, B., & Kurniawati, L. 2019. “The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta”. Public Knowledge Project. vol. 1 No. 1. 140-141.

Bobby Hartanto dan Leni Indriyani. 2020. Minat Beli di Marketplace Shopee. PT. Inovasi Pratama Internasional.

Candra Dwi. H., dan Hajjar Khalisyah. 2021. “Pengaruh Konsumsi Hedonik dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Miniso di Bekasi”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. vol. 1 No. 1. 39.

Dadang Munandar. 2022. Digital Marketing. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Darmawan Napitulu, Tata Sutabri, dan Dahlan Abdullah. 2021. ICEBE 2021 :

Proceedings of the 4th International Conferences. Research Meets Innovation: Lampung.

Dina Dewi et al. 2023. Penelitian Ilmu Kesehatan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Edwina Kartika. Pengaruh Konten Instagram Menantea terhadap Keterlibatan Media Sosial. Karya Ilmilah, 2022, Tangerang.

Elpisah. 2022. Pengantar Ekonomi Mikro. CV. Pena Persada: Purwokerto.

Faridi Ahmad, Marthinus Ismail, dan Unang Toto Handiman. 2022. Pengantar Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Fransiska dan Riski. 2022. “Analisis Isi Konten Post Akun Instagram @menantea.toko dalam Membangun Engagement Followers”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 5 no. 1. 55-69.

Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hutahean Jeperson. et al. 2022. Literasi Digital: Bijak dalam Berekspresi dan Bermedia Sosial. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Imroatu & Asri. 2022. “Pengaruh Brand Image dan Konten Pemasaran terhadap Minat Beli Produk Erigo”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. vol. 4 No. 5.

Katarzyna. 2019. Customer Engagement in Theory and Pratice. Switzerland:Springer Nature Switzerland AG.

Maheza. 2022. “The Effect of Content Marketing on Purchase Intention Throught Customer Engagement as Variabel Mediation”. Jurnal Komunikasi Profesional. vol. 6 No. 5. 423-434.

Makmur Kambolong, Nurjannah, dan Lia Ambarwati. 2022. Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Maria Fitriah. 2018. Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Maria & Stevasya. 2019. “Analisis Marketing Capability, Customer Engagement, Customer Perception dan Purchase Intention Produk Bihun Jagung PADAMU Surabaya”. Jurnal Keuangan dan Bisnis.

Melati et al. 2022. “Analysis of Social Interaction Content Marketing and Influencer Marketing on Interest to Buy Cosmetic Products (Survey of Dear Me Beauty Consumers in Sukabumi City)”. Managemen Studies and Entrepreneurship Journal. Vol. 3 No. 3. 1601-1610.

Munsarif Muhammad, Asrul, dan Zelvi Gustiana. 2022. Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nora Anisa Br.S., dan Hengki Tamando.S. 2021. Perilaku Konsumen : Strategi dan Teori. Sumatera Utara: Bagian penerbitan Universitas Sumatera Utara.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rahmi et al. 2022. Evaluasi Pendidikan Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish,

Ross, Sheldon M. 2017. Introduction to Probability Models 10th Edition. Los

Angeles: Elsevier.

Stephen Bateman. 2016. Content Marketing Strategy Guide: Seven Steps to Success.

Smart Insight

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Tasnim, Andriasan Sudarso, dan Martono Anggusti. 2021. Komunikasi Pemasaran.

Medan: Yayasan Kita Menulis.

Thomas. 2020. “Purchase Intention of Fashion Product as an Impact of Digital Marketing, Mediated By Customer Engagement in The Generation Z”. Jurnal Manajemen Pemasaran. vol. 14 No. 2. 61-66.

Vivel et al. 2020. “Customer Engagement: Exploring Customer Relationships beyond purchase”. Journal of Marketing Theory and Pratice. 122-146.

Willy Cahyadi. 2022. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Keberhasilan. Sumatera Utara: PT. Inovasi Pratama Internasional.

Windu Mahmud. 2021. Bisnis Online (C3) Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yossie et al. 2018. Consumer Behaviour in Era Millenial. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmial Aqli.

Zaid, SM. 2021. Ekuitas Merek dan Advokasi Pelanggan Melalui Strategi Gamifikasi dan Kualitas Pelayanan. Lamongan: Academia Publication.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-27

Cara Mengutip

Hardiana, C. D. ., & Kharisma, D. T. . (2025). Pengaruh Pemasaran Konten (Content Marketing) dan (Customer Engagement) Terhadap Minat Beli Menantea Pada Instagram Official Menantea di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 86–106. https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.303