Pengaruh Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Skincare Somethinc Di Tambun Selatan
DOI:
https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.301Kata Kunci:
Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Loyalitas KonsumenAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kuantitatif, dimana sampel dihitung dengan menggunakan rumus Lameshow, sebanyak 384 responden. Teknik Pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan angket yang telah diuji Validitas dan reabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda dengan nilai signifikansi X1 0,037 < 0,05 dan X2 0,000 < 0,05, serta hasil nilai analisis regresi linier berganda yaitu X1 : 0,295 dan X2 0,718. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara inovasi produk terhadap loyalitas konsumen da produk skincare somethinc Tambun Selatan. Berdasarkan hasil pengujian tabel nilai t hitung > t tabel atau (5,225 > 1,984). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai signifikansi < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,758 maka dapat disimpulkan bahwa variabel inovasi produk (X1) dan keunggulan bersaing (X2) berpengaruh terhadap variabel loyalitas konsumen (Y) sebesar 75,8% sedangkan sisanya sebesar (100-75,8%) = 24,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti di penelitian ini.
Referensi
Ambitan, I., Wenas, R. S., & Samady, R. L. (2021). Pengaruh Citra Merek, Inovasi Produk Dan Periklanan Terhadap Loyalitas Indomie di Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 1343-1352.
Ananta, F. I. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pengguna Iphone di Lingkungan 2 Kelurahan Sei Putih Barat Medan.
Aryoni, Achya Eildine dan Leny Muniroh (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2, No. 2, Mei 2019 Hal 1-10 p-ISSN: 2654-8623 e-ISSN: 2655-0008.
Abdullah, T., & Tantri, F. (2015). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Almana, L. O., Sudarmanto, & Suardi, I. (2018). Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. Yogyakarta: Dee publish.
Anggraini, L. N., Kustiyah, E., & Sudarwati. (2019, Juni). Pengaruh Kualitas, Harga dan Citra Produk terhadap Kepusan Pelanggan pada Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 46-58.
Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas konsumen Sepatu Nike Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(2), 178-189.
Ayuningtyas, R. (2016). Analisis Pengaruh Promosi, Desain Produk, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pemebelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK (SENDI_U) ke-2 (pp. 844-852). Semarang: Unisbank.
Dachi, A. (2020). Inovasi Produk terhadap Loyalitas konsumen dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan: Studi Pengguna Mobil Toyota Calya di Kota Bogor dan Bekasi. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 120-129.
Dahmiri, D., Bhayangkari, S. K. W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 434-438.
Dwi Putra, M. C., & Ekawati, N. W. (2017, Maret). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen, 6(3), 1674-1700.
Fitriani, V., & Sharif, O. O. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek Konsumen Pada Produk Kosmetik. e-Proceeding of Management. 5, pp. 90-95. Universitas Telkom.
Gitosudarmo, I. (2012). Manajemen Pemasaran (2 ed.). Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Griffin, J. (2010). Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran). Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Husain, T. (2019, December 29). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.
Juhi, A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Ukiran Jepara Mebel Bandung (Doctoral dissertation, Univeristas Komputer Indonesia).
Khairani, R., Siregar, C. A., Hutabalian, R. H., & Karolina, I. I. (2019, Juli-Desember). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. MATAHARI PUTERA PRIMA (Hypermart). Jurnal Manajemen, 5(2), 129-136
Kotler, Philip T., Keller, Kevin Lane. (2016, December). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif (7 ed.). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Mustamu, E. J., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada KFC Srondol. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 689-696.
Maulana, B. R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga terhadap loyalitas konsumen CV. Usaha bersama grafika melalui kepuasan konsumen. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Molle, M. A., Mandey, S. L., & Kojo, C. (2019, Januari). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royal’s Resto and Fuction Hall Dikota Ternate. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 871-880.
Nurbani, A., Mulyanto, H., & Wardani, M. K. (2019, Desember). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Keunggulan bersaing Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109-120.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ruth Natalia Soemali dan Diah Dharmayanti (2015). Pengaruh Product Innovation, Product Quality Dan Brand Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Competitive Advantage Sebagai Variabel Intervening Di Pt. Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries Gresik. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN PETRA Vol. No. , (2015).
Siregar, Selamat, Pasaribu, J dan Mardina T. (2018). Analisis Keunggulan Kompetitif Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Loyalitas Konsumen Pada Pt. Matahari Putra Prima Tbk. (Hypermart Sun Plaza) Medan. Jurnal Ekonomi SAINTEK Volume 7 | Tahun 2018 I S S N : 2301-6280
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Edisi Ke 3). Alfabeta.
Sani, A., & Maharani, V. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner dan Analisis Data), Cetakan Ke-2. Malang: UIN MALIKI Press.
Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 1-8.
Sinurat, E. S., Lumanauw, B., & Rori, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (M. Sutopo, Ed.) Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyu, D. A., & Gorda, A. E. (2019, Desember). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Word Of Mouth Dengan Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 324-336.
Wahyuni, E. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Roti Aroma Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition, 1(2), 171-182.
Yuliana dan Rahmat Hidayat (2018) Pengaruh Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Elzatta Pada Generasi Milenial Tahun 2018). e-Proceeding of Applied Science: Vol.4, No.3 Desember2018|Page1092ISSN:2442-582
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Novi Lestari, Ridwan Luthfiadi, Sintya Rizky

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.