Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Brand Awareness Lipstik Maybelline Di Kecamatan Tambun Selatan Kab. Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v4i2.286Kata Kunci:
Iklan, kualitas produk, brand awaranessAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Brand Awareness Lipstik Maybelline di Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Sampel penelitian sebanyak 135 responden konsumen Lipstick Maybelline di kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi dengan menggunakan teknik Convience Sampling (Accidental Sampling). Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS Versi 24.0 menyatakan bahwa Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness lipstik Maybelline Kecamatan Tambun Selatan, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu (5,338 > 1,978) dan signifikansi 0,000 < 0,05; kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness lipstik Maybelline di Kecamatan Tambun Selatan, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu (7,122 > 1,978) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Iklan dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness lipstik Maybelline di Kecamatan Tambun Selatan, dengan diketahui hasil F hitung > F tabel yaitu (102,518 > 3,06) dan signifikansi 0,000 < 0,05; dengan pengaruh sebesar 0,608 atau 60,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain atau variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Referensi
Agustin Bayu Sugiardi dan Dr. Harti, Dra.M.Si., 2017. “Pengaruh Iklan dan Atribut Produk Terhadap Brand Awareness Pada Produk Hufagripp”, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol. 03, No. 03 : 2337-6708.
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.
Basrah Saidani dan Dwi Raga Ramadhan, 2013. “Pengaruh Iklan dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy (Survei Pada Pelanggan ITC Roxy Mas)”, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 4, No. 1.
Buchory, Herry Achmad & Saladin Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bandung: Linda Karya.
Dita Amanah, 2010. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan”, Jurnal Keuangan & Bisnis, Vol. 2, No.1 : 71-87.
Djatnika, Tjetjep. 2007. Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kiswati Sri. 2010. “Study Tentang Sikap Konsumen Atas Merek Tolak Angin Pada Mahasiswa FE Undip Semarang”. Tesis di publikasikan Program Study Magister Manajemen Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga Belas.Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kusumawati. 2010. “Analisis Pemakaian Gaya Bahasa Pada Iklan Produk Kecantikan Perawatan Kulit Wajah Di Televisi”. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Mohammad Pambudi Ary Wicaksono dan Ni Ketut Seminari, 2016. “Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka”, E- Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 8 : 5098-5127.
Rachmad Hidayat, 2009. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11, No. 1 : 59-72.
Shandy Widjoyo Putro dan Prof. Dr. Hatane Semuel, M.S., Ritzky Karina M.R., Brahmana, S.E., M.A., 2014. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1 : 1-9.
Sri Wahyuni dan Jonianto Pardamean, 2016. “Pengaruh Iklan, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas”, Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, Vol. 3, No. 1.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
Utami, Christina Whidya. 2018. Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Candra Dwi Hardiana, Tyas Fajar Mulasih

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.