Peran Strategis Sumber Daya Manusia dalam Implementasi Corporate Social Responsibility

Authors

  • Mohamad Razab Iryadana Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.154

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Corporate Social Responsibility, Integrasi Strategis

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran strategis Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mendukung dan mengimplementasikan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam organisasi. Dengan mengadopsi pendekatan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan praktisi SDM, manajer CSR, dan karyawan di berbagai perusahaan yang dikenal aktif dalam inisiatif CSR. Analisis tematik dari data wawancara mengungkapkan bahwa SDM memiliki peranan penting dalam merancang, mengkomunikasikan, dan mengintegrasikan kebijakan CSR ke dalam budaya perusahaan, serta memobilisasi karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan CSR. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi efektif antara praktik SDM dan program CSR berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja organisasi, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan memperkuat reputasi perusahaan. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi berbagai tantangan dan rekomendasi strategis untuk meningkatkan sinergi antara SDM dan CSR. Hasil studi ini menekankan bahwa SDM tidak hanya berfungsi sebagai pendukung administratif tetapi juga sebagai mitra strategis dalam perencanaan dan eksekusi CSR, yang akhirnya mempengaruhi keberhasilan keseluruhan perusahaan dalam mencapai tujuan sosial dan lingkungannya

References

Aguilera, R. V, Rupp, D. E., Williams, C. A., & Ganapathi, J. (2007). Putting the S back in corporate social responsibility: A multilevel theory of social change in organizations. Academy of Management Review, 32(3), 836–863.

Backhaus, K. B., Stone, B. A., & Heiner, K. (2002). Exploringthe relationship between corporate social performance and employer attractiveness. Business & Society, 41(3), 292–318.

Bhattacharya, C. B., Sen, S., & Korschun, D. (2008). Using corporate social responsibility to win the war for talent. MIT Sloan Management Review, 49(2).

El Akremi, A., Gond, J.-P., Swaen, V., De Roeck, K., & Igalens, J. (2018). How do employees perceive corporate responsibility? Development and validation of a multidimensional corporate stakeholder responsibility scale. Journal of Management, 44(2), 619–657.

Glavas, A., & Kelley, K. (2014). The effects of perceived corporate social responsibility on employee attitudes. Business Ethics Quarterly, 24(2), 165–202.

Greening, D. W., & Turban, D. B. (2000). Corporate social performance and organizational attractiveness to prospective employees. Proceedings of the International Association for Business and Society, 7, 489–500.

Mirvis, P. (2012). Employee engagement and CSR: Transactional, relational, and developmental approaches. California Management Review, 54(4), 93–117.

Morsing, M., & Schultz, M. (2006). Corporate social responsibility communication: stakeholder information, response and involvement strategies. Business Ethics: A European Review, 15(4), 323–338.

Schaltegger, S., & Burritt, R. (2018). Business cases and corporate engagement with sustainability: Differentiating ethical motivations. Journal of Business Ethics, 147, 241–259.

Shen, J., & Benson, J. (2016). When CSR is a social norm: How socially responsible human resource management affects employee work behavior. Journal of Management, 42(6), 1723–1746.

Published

2024-01-27

How to Cite

Iryadana, M. R. (2024). Peran Strategis Sumber Daya Manusia dalam Implementasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 167–176. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.154