Pengaruh Media Televisi Terhadap Kepuasan yang diperoleh Setelah Penggunaan

(Studi Kasus Masyarakat Komplek Hankam RT.19 Pondok Rajeg Bogor)

Authors

  • Maisaroh Maisaroh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia
  • Andi M. Faisal Bakti Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia
  • Tantan Hermansah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia
  • Nasichah Nasichah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.149

Keywords:

Media, Televisi, Internet, Pengaruh, Use and Gratification

Abstract

Penggunaan sarana media komunikasi saat ini telah berkembang begitu pesat seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi. Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Sedangkan media massa adalah memanfaatkan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada khalayak. Salah satunya adalah Televisi. Televisi merupakan perkembangan yang dapat menyampaikan pesan informasi dalam bentuk suara. Penulis akan mengurai pertanyaan mayor dan minor dalam makalah ini. Pertanyaan mayornya adalah. Bagaimana Televisi pada masyarakat di komplek Hankam mempengaruhi kepuasan mereka?. Apakah ada pengaruh media Televisi pada masyarakat  komplek Hankam?. Sejauh mana media Televisi  mempengaruhi kepuasan mereka?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan deskriptif. teori yang digunakan penulis dalam makalah ini adalah teori Uses and Gratifications. Teori ini adalah sangat mengutamakan keaktifan dari penerima.  Dan, penerima adalah yang membangun sebuah makna. Sumber dalam teori ini hanya sekadar mengarahkan. Hal ini senada dengan teori (USG), yaitu aspek kegunaan informasi dan kepuasan bagi penerima. Peneliti menganggap teori yang diusung dalam makalah ini sangat relavan dengan Ar-Radiya ” kamu menjadi puas” Q.S Ad-Dhuha : 5. Ar-Raajii “dengan hati yang ridha dan puas  Q.S Al-Fajr : 5. Penulis menganalisis dengan menggunakan paradigma positivistik menganggap realitas sosial yang terjadi sebagai sesuatu yang bersifat empirik dan dapat diobservasi secara nyata serta dapat dibuktikan secara ilmiah..  Kesimpulannya menunjukkan bahwa media Televisi dan Internet ternyata belum mampu mencapai kepuasan yang diharapkan oleh masyarakat komplek Hankam. RT. 19. Pondok Rajeg Bogor.

References

Alimuddin Unde, A. (2014). Televisi & Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenada.

Branston, G. S. (2010). The Media Students’s Book. London and New York: Routledge.

Chomsky N And Herman, E. S. (1988). Manufacturing Consent: A. Propaganda Model. . Pantheon: Books.

Faisal, A. (2018). Media and Religion: Rodja TV's Involvement in The Civil. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 226.

Hidayat, A. N. (2018). Penerapan Teori Ekonomi Politik Media dalam Program Fashion Heritage di TV MNC Fashion TV Satelit Indovision. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikriran dan Penelitian , 51.

imanto, t. (2017). Media Televisi Dan Dampak Tayangannya Terhadap Perilaku Masyarakat. wordpress, 5.

Kurniasih, k. (2015). Pertukaran Informasi Oleh Mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 71.

Nayaranan, M. (2012). Social Media and business. The Journal for the Decision Maker, 12.

Purniati, D. (2022). Pemanfaatan Media Televisi dalam Memenuhi Kebutuhan. : Journal of Religion and Film, 10.

R&D, S. d. (2010). Metode Peenelitian Penddidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif. Bandung: Alfabeta.

Ramadhani, K. (2023). Dakwah Transformatif Melalui Pendekatan Lulturul pada Reamaj. JISAB, 108.

Ulber, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Utami, S. M. (2013). keterlibatan masyarakat lokal dalam pengembangan potensi wisata di kabupaten semarang . juornal ilmu sosial, 8.

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode . Jakarta: Raja Grafindo.

Published

2024-01-21

How to Cite

Maisaroh, M., Bakti, A. M. F., Hermansah, T., & Nasichah, N. (2024). Pengaruh Media Televisi Terhadap Kepuasan yang diperoleh Setelah Penggunaan: (Studi Kasus Masyarakat Komplek Hankam RT.19 Pondok Rajeg Bogor). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 143–149. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.149