Analisis Efisiensi Pemasaran Keripik Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Di Kelompok Wanita Ares Kelurahan Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram

Penulis

  • Mariana Mariana Universitas Islam Al-Azhar Mataram
  • Muhsin Muhsin Universitas Islam Al-Azhar Mataram
  • Herdiana Herdiana Universitas Islam Al-Azhar Mataram

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.142

Kata Kunci:

Rumput Laut, Efisiensi pemasaran, Saluran Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada Kelompok Wanita Ares Kelurahan Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram, dengan tujuan untuk menganalisis saluran pemasaran dan mengetahui efisiensi pemasaran keripik rumput laut, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pemasaran keripik rumput laut di Kelompok Wanita Ares dalam pemasaran keripik rumput laut. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara terhadap petani sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian sebelumya dan instansi terkait. Jumlah responden sebanyak 30 orang, adapun analisis data berupa analisis saluran pemasaran, anasilis efisensi pemasaran. Hasil menunjukkan saluran pemasaran yang Kelompok Wanita Ares Kelurahan Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram memiliki 2 cara yaitu Saluran Pemasaran I Produsen Keripik Rumput Laut-Pengecer-Konsumen dan Saluran Pemasaran I Produsen Keripik Rumput Laut-Pengecer-Konsumen. Sementara itu, kendala yang dihadapi dalam pemasaran Kripik Rumput Laut di Kelompok Wanita Ares yaitu permodalan yang terbatas, ketersediaan bahan baku dan harga bahan baku yang tidak stabil serta baru sebagian anggota yang bisa memasarkan produknya secara langsung.

Referensi

Akbar,P.S..& Usman.2008.Pengantar Statistika, Jakarta: BumimAksara

Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat. 2019. Produksi Budidaya Rumput Laut Daerah Nusa Tenggara Barat.Hasil Sensus Pertanian. Mataram. (https://kkp.go.id/djpdspkp/bbp2hp/artikel/14127-rumput-laut-komoditas-penting-yang-belum-dioptimalkan). Diakes pada tanggal 19 januari 2023.

Dewa Ayu, 2021. Identifikasi Jenis Rumput Laut Yang Terdapat Pada Ekosistem Alami Perairan Nusa Penida. Bali

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Herdiana, H. (2019). Analisis Pola Distribusi Usaha Telur Ikan Terbang Di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Ganec Swara, 13(1), 23-29.

Kementrian Kelautan dan Perikanan, 2019. Pedoman Umum Pembudidayaan Rumput Laut Nomor 1/KEPMEN-KP/2019. Jakarta

Kumala, D., Was' an, G. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Produk Pakan Ternak pada UMKM Tegal Salam Feed, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 61-66.

Musin, Anwar, K., & Hermawan, Y. (2023). Impact Analysis of The Benefits of Heach Heater (Eichornia Crassipess) for The Environment in The Batu Jai Dam Area, Central Lombok District. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5271-5280.

Nurmansyah, A. A. H., Yulianti, E., Kurniawan, A., Evangalista, L., & Sigarlaki, F. F. (2022). Penerapan Pemasaran Berbasis Digital Pada UKMK di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 48-54.

Roesmawaty, H. (2011). Analisis Efesiensi Pemasaran Pisang di Kecamatan Lengkiti Kbupaten Ogang KomeringUlu.Jurnal Agribisnis,3(5): 1-9.

Soekartawi,2002. Analisis Usahatani.Jakarta.UniversitasIndonesia Pres

Sugiyono, (2004).Pemasran Pertanian. Malang: Universitas Muhammaddiyah Malang.

Sugiyono,(2002). Pemasaran Pertanian. Malang : UMM Press

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Susanti, I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di Garut. Persya: Jurnal Perbankan Syariah, 1(2), 38-44.

Zuhda, H., Herdiana, H., & Novida, S. (2023). Analisis Efisiensi Pemasaran Gula Semut Di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi, 17(1), 54-59.

Zulfiana, I., Muhsin, M., & Mappanganro, N. (2023). Perbandingan Pendapatan Usahatani Kangkung Varietas Nona Dengan Usahatani Kangkung Varietas Aini Di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi, 17(1), 60-66.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-11

Cara Mengutip

Mariana, M., Muhsin, M., & Herdiana, H. (2024). Analisis Efisiensi Pemasaran Keripik Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Di Kelompok Wanita Ares Kelurahan Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 90–101. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.142