Peran Teknologi Informasi dalam Proses Rekrutmen Pada Perencanaan Sumber Daya Manusia

Authors

  • Jatmiko Jatmiko Universitas Pamulang, Indonesia
  • M. Faih Kholqy Syams Universitas Pamulang, Indonesia
  • Nisa Awalia Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.139

Keywords:

Teknologi, Perencanaan, Sumber Daya Manusia,, Rekrutmen

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, teknologi informasi memiliki peran yang semakin penting dalam hampir setiap aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis dan manajemen sumber daya manusia. Dengan kemajuan teknologi, perusahaan-perusahaan modern tidak hanya memanfaatkan alat dan sistem untuk meningkatkan operasional bisnis, tetapi juga memperbaiki strategi perencanaan sumber daya manusia (SUMBER DAYA MANUSIA). Pada dasarnya, perencanaan Sumber Daya Manusia adalah bagian integral dari manajemen bisnis yang bertujuan untuk memastikan bahwa organisasi memiliki sumber daya manusia yang tepat pada tempat yang tepat dan waktu yang tepat juga. Dengan adopsi teknologi informasi, perencanaan Sumber Daya Manusia tidak hanya menjadi lebih efisien, tetapi juga lebih adaptif dan terkini dalam menghadapi tuntutan pasar yang berubah dengan cepat. Rekrutmen merupakan salah satu aspek terpenting dari manajemen SUMBER DAYA MANUSIA, karena menentukan siapa yang akan bergabung dengan organisasi dan berkontribusi terhadap visi dan misi perusahaan. Dalam hal ini, teknologi informasi memegang peranan sentral dalam memperluas jangkauan rekrutmen, meningkatkan efisiensi pengelolaan lamaran, serta memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih terinformasi. Hasil studi menunjukkan bahwa teknologi informasi telah membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, mengurangi bias, dan memperluas jangkauan pencarian kandidat.

References

Farida, S. I. (2021). Manajemen sumber daya manusia.

Frisdayanti, A. (2019). Peranan Brainware Dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 60-69.

Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28-35.

Hidayatullah, S., Prasetya, D. A., Purnomo, D. A., & Rachmawati, I. K. (2023). HOT FIT Model Pengembangan Sistem Informasi. uwais inspirasi indonesia.

Hutabarat, I. R., & Sihotang, J. I. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Rekrutmen Online (E-Recruitment) Berbasis Web pada PT Bravo Security Indonesia. TeIKa, 7(2), 25-36.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

Informasi, 1(1), 70-78.

Lesmana, L. S., Putra, F., & Yandani, E. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis WEB. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(2), 119-124.

Mardiah, N. (2017). Penerapan teknologi dan pengaruhnya terhadap rekrutmen pada lembaga perbankan islam. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2(2), 167-175.

Mustafa, A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Putri, N. D. (2019). Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dalam Kegiatan Rekrutmen Karyawan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem

Saifullah, M. (2018). Analisis Perencanaan Rekrutmen Sumber Daya Manusia (SUMBER DAYA MANUSIA) Pada Bni Syariah Kantor CabangBana Aceh.

Susilawati, B. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web. Jurnal Cendikia, 16(2 Oktober), 135-139.

Widajanti, E. (2007). Perencanaan Sumberdaya Manusia yang Efektif: Strategi Mencapai Keunggulan Kompetitif. Jurnal ekonomi dan kewirausahaan, 7(2).

Zaky, M. (2021). Penerapan teknologi informasi dalam proses rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 112-123.

Published

2024-01-11

How to Cite

Jatmiko, J., Syams, M. F. K. ., & Awalia, N. . (2024). Peran Teknologi Informasi dalam Proses Rekrutmen Pada Perencanaan Sumber Daya Manusia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 123–130. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.139