Analisis Demografi dalam Meningkatkan Kompetensi dan Produktivitas Industri Perdagangan Berbasis Kknidalam Perencanaan SDM

Penulis

  • Hadi Supratikta Universitas Pamulang, Indonesia
  • Muhammad Arfani S.S. Universitas Pamulang, Indonesia
  • Ike Rachmawati Rachmawati Universitas Pamulang, Indonesia
  • Tio Hanrio Hanrio Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.136

Kata Kunci:

KKNI, Produktivitas, Tenaga Kerja

Abstrak

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam pendidikan tinggi. KKNI, sebagai kerangka pencapaian pembelajaran, menyatukan pengalaman kerja dan pendidikan formal, nonformal, atau informal. Pembahasan mengenai landasan teori, regulasi, ruang lingkup, dan konsep dasar KKNI, sejarah perkembangannya, serta hasil dan pembahasan terkait produktivitas tenaga kerja Indonesia di kawasan Asia. KKNI diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan, mendapatkan pengakuan internasional, dan memperkuat daya saing nasional.

Referensi

Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2017). Panduan Umum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: BNSP

BPS. (2021). Statistik Tenaga Kerja Indonesia. Diakses dari https://www.bps.go.id/subject/19/tenaga-kerja.html

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2012). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2017). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Yunani, Windi (2016). LPentingnya KKNI di era Pasar Bebas. LJakarta: https://duniadosen.com/kkni-dan-pasar-bebas/.

Santoso, Megawati dkk, Tim KKNI (2015).Kerangka Kualifikasi Nasional https://img.akademik.ugm.ac.id/dokumen/kkni/kkni_001_dokumen_kkni.pdf . Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Susanti, I., & Kemala, R. (2023). The Role of Financial Literacy in Developing Financial Management Skills in Early Children. Kompartemen: Kumpulan Orientasi Pasar Konsumen, 1(2), 85-89.

Susanti, I., & Pahala, L. (2023). Market Day as a Means of Financial Literacy Education for SDIT Siliwangi Students. Implikasi: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(2), 113-119.

Susanti, I., Syihabudin, D., Septiani, W., & Melani, M. (2023). Optimasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Organisasi Komunitas Melalui Pelatihan dan Konseling di Leuwigoong Garut. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 32-36.

Santoso, Megawati dkk, Tim KKNI (2015).Kerangka Kualifikasi Nasional Direktorat Jendral https://img.akademik.ugm.ac.id/dokumen/kkni/kkni_003_dokumen_strategi_implementasi_kkni.pdf . Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Masykur, R. Rosidin,Undang LIqbal, Agung M. (2018). Implementasi Kurikulum KKNI Pada Program Studi Matematika UIN Raden Intan Lampung. llLampung: l https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.205, lVol II.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-11

Cara Mengutip

Supratikta, H., S.S., M. . A., Rachmawati, I. R., & Hanrio, T. H. (2024). Analisis Demografi dalam Meningkatkan Kompetensi dan Produktivitas Industri Perdagangan Berbasis Kknidalam Perencanaan SDM . Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 50–67. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.136